Cara Mudah Crimping Kabel UTP Menjadi RG45 Bagi Pemula

17.25 Unknown 0 Comments

Internet Terbaik

Selamat pagi semuanya, kembali lagi nih sama kita kali ini Aku bakalan membahas mengenai cara mudah crimping kabel UTP menjadi RG45 bagi pemula yang pastinya tips yang satu ini bakalan bermanfaat buat kalian.
Sebelum membahas mendalam Aku akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan kabel UTP. Ya kabel UTP ataupun singkatan dari “Unshielded Twisted Pair” yaitu jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi sehingga kalian harus belajar cara mudah crimping kabel UTP menjadi RG45.
Sedangkan fungsi kabel UTP adalah sebagai kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan internet atau intranet Local Area Network (LAN), berupa kabel yang di bagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel dan dibawah ini Aku akan membahas mengenai cara mudah crimping kabel UTP menjadi RG45:
Nah, sebelum Kamu belajar cara mudah crimping kabel UTP menjadi RG45 maka hal pertama yang harus Kamu persiapkan adalah dengan menyiapkan beberapa peralatan seperti; kabel UTP, konektor RJ-45, dan Tang crimping dan untuk berjaga jaga kalian bisa membeli LAN tester untuk menguji kabel hidup atau mati.
Setelah Kamu mempersiapkan semuanya baru Kamu tentukan ingin mengcrimping kabel UTP untuk keperluan apa?. Apakah untuk menghubungkan dua buah hardware yang berbeda seperti menghubungkan PC ke Switch/Hub (Straight), atau kabel Cross digunakan untuk menghubungkan dua buah hardware yang sama seperti PC ke PC ?. cara mudah crimping
Straight
Jika pilihan Kamu ingin mengcrimping untuk membuat kabel Straight, maka cara mudah crimping adalah susunanlah warna sebagai berikut: Pada ujung 1 = putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat.
Crossover
Jika pilihan Kamu ingin mencrimping untuk membuat kabel Crossover maka cara mudah crimping adalah susunlah warna sebagai berikut: Pada ujung 1= putih hijau, hijau, putih coklat, biru, biru putih, coklat, putih coklat, coklat.
Nah, langkah selanjutnya adalah cara mudah crimping kabel UTP Menjadi RG45 bagi pemula:
1.    Kupas kulit kabel selebar 2 cm.
2. Susun rapi delapan kabel yang terdapat didalam sesuai dengan gambar dan penjelasan diatas.
3. Luruskan kabel yang masih kusut.
4. Ratakan ujung kabel dengan memotong nya menggunakan tang crimping.
5. Setelah yakin urutan warna benar dan ujung kabel sudah rata, masukan kabel kedalam konektor RJ-45 , pastikan ujung kabel menyentuh ujung RJ-45, dan jepitlah menggunakan Tang Crimping.
6. Setelah menyelesaikan kedua ujung kabel, uji menggunakan Lan tester, jika semua lampu menyala, berarti kabel tersebut telah di crimping dengan benar dan bisa digunakan.
Nah, itulah tadi cara mudah crimping kabel UTP menjadi RG45 bagi pemuda dan semoga saja yah artikel tersebut bermanfaat yah.

Contact Us
 Address:
Jl. Merah Delima 1 No.28, Cipinang Cempedak, Jakarta
Phone numbers
+6221 879 06175
Fax
+6221 879 06192
We are open
Office : Monday – Friday 8 AM – 5 PM
Support : Everyday 24 Hours


You Might Also Like

0 komentar: