5 TROUBLESHOOTING PADA JARINGAN LAN

17.18 Unknown 0 Comments

Internet Terbaik
Hai teman apa kabar kalian hari ini ? semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja yaa.., kali ini kita akan belajar tentang troubleshooting jaringan. apakah kalian pernah mengalami masalah pada jaringan ? pasti ada yang sudah mengalaminya dan ada yang belum pernah, untuk itu kita akan membahas tentang permasalahan beserta solusi yang ada pada jarngan.
Sebelum itu apakah kalian tahu troubleshooting itu ? troubleshooting adalah pencaharian sumber masalah secara sistematis agar dapat terselesaikan dan cara penanganannya. Jadi, Troubleshooting Jaringan LAN adalah sumber masalah yang terdapat dalam jaringan LAN dan beserta solusinya.
Berikut troubleshooting jaringan LAN :
  1. GANGGUAN ATAU KERUSAKAN HUB/SWITCH

Hub/Switch merupakan sebuah alat yang berfungsi membagi koneksi yang saling terhubung dengan port-port lainnya untuk dapat mengkoneksikan sebuah komputer satu dengan komputer lainnya. Jika Hub/switch mengalami kerusakan atau gangguan, maka komputer workstation tidak bisa tersambung dengan komputer server.
Ciri-ciri hub mengalami kerusakan yaitu lihat lampu indikator workstation tidak menyala, itu berarti komputer workstation tidak aktif atau tidak hidup karena kerusakan yang terjadi pada Hub.
Untuk solusinya adalah kalian harus mengecek hub/ switch apakah terjadi gangguan atau kerusakan. Jika benar Hub mengalami kerusakan, maka sebaiknya ganti Hub tersebut atau dapat diperbaiki di tempat service khusus. Tapi, sebaiknya Hub diganti dengan yang baru karena kualitasnya lebih baik serta biayanya, karena biaya memperbaiki dengan biaya beli yang baru itu sama.

  1. TIDAK MUNCUL LOCAL AREA NETWORK.

Masalah ini kemungkinan besar driver Network Adapter belum terinstall.
Solusinya adalah dengan menginstall driver Network Adapter. Biasanya jika sudah menginstall drivernya, maka Local Area Network akan muncul

  1. KONEKSI JARINGAN PUTUS-PUTUS

Kemungkinan perangkat-perangkat jaringan yang korosi (berkarat), aus, atau rusak. Perangkat yang berkarat dikarenakan tempat nya terlalu lembab. Atau juga perangkat yang sudah lama di gunakan dengan perawatan yang minim.
Solusinya adalah ganti perlatan yang sudah karatan dengan yang baru dan melakukan perawatan terhadap komponen secara rutin.

  1. LAMPU INDIKATOR TIDAK MENYALA PADA KARTU JARINGAN DAN PADA HUB/SWITCH.

Kemungkinan masalah terjadi pada kabel atau konektor yang tidak terpasang dengan baik ,atau longgar, atau salah urutan warna, dan atau kabel terputus.
Solusinya adalah coba cek kabel dan konektor, apakah sudah terpasang dengan baik, dan cek apakah urutan warnanya benar atau tidak.
  1. TIDAK BISA LOGIN DALAM JARINGAN (TIDAK BISA TERHUBUNG DALAM INTERNET).

Masalahnya adalah tidak bisa masuk dalam jaringan, berarti client tidak bisa mengakses jaringan secara keseluruhan (tidak terhubung dengan internet).
Solusinya adalah dengan dibatasi oleh Mikrotik. Mintalah admin untuk mendaftarkan physical address computer yang di pakai atau meminta untuk dibuatkan akun.

Contact Us

Address:
Jl. Merah Delima 1 No.28, Cipinang Cempedak, Jakarta
Phone numbers
+6221 879 06175
Fax
+6221 879 06192
Email
marketing@jlm.net.id

We are open 
Office : Monday – Friday 8 AM – 5 PM
Support : Everyday 24 Hours

You Might Also Like

0 komentar: