MENGENAL IP PUBLIC DAN IP PRIVATE

17.44 Unknown 0 Comments

INTERNET TERBAIK
Hai sobat, kita berjumpa lagi.., pada artikel ini penulis akan memberikan penjelasan tentang IP Public dan IP Private. Mungkin sebagian kalian yang menggeluti dunia IT sudah mengenal istilah ini. Tetapi bagi yang belum tahu, disini penulis akan memberikan penjelasannya. Simak dan baca baik-baik ya..
Sebelum kalian mengenal apa itu IP Public atau IP Private, kalian harus tahu dulu yang namanya IP Address. Apakah kalian tahu apa itu IP Address ? Ya, IP Address singkatan dari Internet Protocol Address adalah sistem pengalamatan pada network yang di pesentasikan yang berupa deretan angka biner (0 dan 1) yang terdiri dari 4 oktet, yang masing-masing oktet memiliki 8 bit yang berjumlah antara 0 sampai 255. contoh mulai dari 0.0.0.1 sampai 255.255.255.255.
Jadi IP digunakan sebagai alamat pada komputer untuk bisa terhubung dengan jaringan. Dalam jaringan IP ini sangat penting, karena untuk mengidentifikasi alamat host komputer yang ingin terhubung dengan jaringan atau terhubung dengan komputer lain.
Nah, kalian sudah tahu tentang Apa Itu IP Address. Kali ini penulis akan menjelaskan tentang IP Public dan IP Private.

IP PUBLIC

IP Public adalah sebuah IP yang bersifat public sehingga bisa langsung mengakses internet. IP ini bersifat unik, mengapa ? karena setiap alamat IP Public yang terkoneksi ke internet pasti berbeda-beda, sehingga di dalam suatu jaringan tidak akan ada alamat IP yang sama. Jika didalam suatu jaringan memiliki IP yang sama, maka akan terjadi bentrok atau Collision.
Sebuah alamat IP bisa dinamis dan statis. IP Public dinamis bersifat tidak tetap, akan berubah-ubah setiap kali terhubung ke internet. sedangkan alamat IP Publik statis bersifat tetap, dan tidak berubah ketika kita terputus dari koneksi dan terhubung lagi maka akan tetap saja alamat tersebut yang kita gunakan. Contoh IP Public adalah : 118.123.17.1
Berikut kelebihan dan kekurangan IP Publik, yaitu :
  • Kelebihan
  1. Dapat dikenali dengan mudah oleh internet, karena bisa langsung terhubung tanpa membutuhkan proxy tertentu, server khusus, atau ditranslasikan lewat NAT.
  • Kekurangan
  1. Sistem keamanan jaringan yang lemah dan rentan akan serangan hacker, karena IP ini bersifat umum dan terhubung langsung dengan internet.
  2. Biaya regsitrasi yang mahal, karena IP ini merupakan IP Eksternal, dari kita ketahui bahwa IP eksternal atau public sangat terbatas ketersediannya.

IP PRIVATE

IP Private adalah IP Address yang bersifat pribadi atau local, local maksudnya IP ini hanya di gunakan sebagai identifikasi komputer pada jaringan tertutup yang bersifat pribadi. IP Private ini tidak bisa digunakan untuk untuk mengakses jaringan internet, karena pada umumnya IP Private diseragamkan nilai awalnya agar sesama komputer di jaringan tersebut dapat saling berhubungan. Contoh IP Private adalah : 192.168.1.13
Berikut kelebihan dan kekurangan IP Private, yaitu :
  • Kelebihan
  1. Keamanan jaringan yang baik, sehingga IP Private dapar terproteksi, sehingga sulit untuk diserang hacker.
  2. Mengurangi biaya registrasi alamat IP, dengan cara membiarkan para pelanggan memakai alamat IP yang tidak terdaftar secara internal melalui suatu terjemahan ke sejumlah kecil alamat IP yang terdaftar secara eksternal.
  • Kekurangan
  1. Tidak dapat terkoneksi ke internet tanpa menggunakan proxy khusus, dan perlu di translasikan dengan NAT (Network Address Translator).


Itulah artikel singkat tentang “Mengenal IP Public dan IP Private”. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan dari dunia Komputer Dan Jaringan.
Terima Kasih.

You Might Also Like

0 komentar: